5 Mei 2014

Pengantar Teknologi Game

Game

Teori game atau permainan adalah suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan strategi-strategi yang rasional. Teori permainan pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli Matematika pada tahun 1944. Teori itu dikemukakan oleh John von Neumann and Oskar Morgenstern yang berisi:

"Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.” (Theory of Games and Economic Behavior (3d ed. 1953))

Pengertian game menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.

Permainan komputer (bahasa Inggris: computer game) adalah permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi, dan bukan pada konsol permainan, maupun mesin ding-dong. Permainan komputer telah berevolusi dari sistem grafis sederhana sampai menjadi kompleks dan mutakhir. Namun, pasar permainan komputer di Amerika Serikat mulai menurun sejak tahun 1999.

Game komputer dibuat oleh satu atau beberapa pengembang game, biasanya bersama dengan spesialis lainnya (seperti game artists) dan dipublikasikan baik secara sendiri atau melalui penerbit pihak ketiga. Mereka kemudian mendistribusikan pada media fisik seperti DVD dan CD, atau dapat didistribusikan secara bebas melalui internet, software, atau melalui jasa pengiriman online seperti Direct2Drive dan Steam. Game komputer membutuhkan hardware khusus di komputer pengguna untuk bermain, seperti generasi spesifik unit pemrosesan grafik atau koneksi internet untuk bermain online, meskipun persyaratan sistem ini bermacam-macam pada setiap game.

Pangsa Pasar Game

Dalam setiap game yang dirilis, biasanya dicantumkan pemberitahuan mengenai batasan umur pemain dari game tersebut. Pemberitahuan ini disimbolkan dengan logo-logo sebagai berikut :




1.  EARLY CHILDHOOD
Simbol eC (Early Childhood) berarti game yang boleh dimainkan oleh anak berumur 3 tahun keatas. Tidak ada materi yang perlu dikhawatirkan.





2. EVERYONE
Simbol E (Everyone) berarti game tsb cocok untuk anak berumur 6 tahun keatas. Isinya mungkin berisi sedikit kartun, fantasi atau sedikit kekerasan.




3. EVERYONE 10+
Simbol ini berarti game yang cocok untuk 10 tahun keatas. Didalamnya ada lebih banyak unsur kartun, fantasi, sedikit kekerasan atau sedikit bahasa kasar dan atau sedikit bersifat mempengaruhi.

4. TEEN
Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk anak 13 tahun keatas. Didalamnya mungkin berisi kekerasan, hal - hal yang bisa mempengaruhi, humor kasar, sedikit darah, simulasi perjudian dan atau bahasa yang kasar

5. MATURE
Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk 17 tahun keatas. Didalamnya mengandung banyak kekerasan dan darah, berbau seks dan atau kata-kata kasar.

6. ADULTS ONLY
Simbol ini berarti game ini hanya cocok untuk 18 tahun keatas. Didalamnya mengandung adegan kekerasan berkepanjangan dan atau seksual dan ketelanjangan.

7. RATING PENDING
Game yang belum memiliki rating sehingga para orang tua harus menghindari membeli game ini kepada anaknya atau melakukan survey sendiri.

1 komentar:

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for

Posting Komentar