19 Maret 2014

Teori Komputasi

Apa itu komputasi? Definisi komputasi dari Wikipedia itu adalah cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Atau biasa disebut dengan Teori Komputasi, cara ini sudah digunakan selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang di era yang serba modern ini, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Asal kata komputer itu sendiri adalah compute (menghitung) oleh karena itu definisi komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Sebenarnya komputasi modern itu sama artinya dengan komputasi yang diatas sudah saya terangkan, tetapi bedanya komputasi modern itu hanya menggunakan 1 alat bantu yaitu komputer. Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
·       Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
·       Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
·       Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.


Jenis-jenis komputasi modern :

1. Mobile computing

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.


2. Grid computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

3. Cloud computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Maka dapat di simpulkan Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan computer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung:
 Akurasi (big, Floating point)
Kecepatan (dalam satuan Hz)
Problem Volume Besar (Down Sizzing atau paralel)
Modeling (NN & GA)
Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)
Nah udah pada jelaskan perkembangan Komputasi modern tuh kaya gimana? Oke kita lanjut ke implementasinya, kalo ada yang ga tau implementasi tuh apa, implementasi itu adalah penerapan atau pelaksanaan. Jadi kita harus tau nih penerapan / pelaksanaan Komputasi modern di berbagai bidang yang mungkin kita pakai di kehidupan sehari-hari tuh kaya gimana. Bidang yang saya coba jelaskan ini ada 6 bidang antara lain Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi, Geologi, dan Geografi.

1.      Matematika

pada bidang ini tentunya lebih mengarah kepada pemecahan masalah pasti atau mendekati kepastian dalam perhitungan angka – angka. Metode numerik, scientific computing, metode elemen hingga, metode beda hingga, scientific data mining dan scientific process control. Pada bidang ini, biasanya masalah berupa dalam skala besar.

2.      Fisika

menyelesaikan permasalahan medan magnet dengan menggunakan komputasi fisika, dalam hal ini menentukan besarnya medan magnet dan membandingkan hubungan antara medan magnet dengan panjang kawat.

3.      Kimia

algoritma komputer yang merupakan solusi dari sebuah masalah dalam hal ini dapat menggabungkan senyawa – senyawa kimia untuk mendapatkan suatu senyawa baru yang bila dilakukan secara manual sudah pasti menimbulkan resiko yang lebih besar jika dibandingkan dengan proses komputasi. Selain itu sifat dari atom dan molekul yang sangat kecil dapat dilakukan peramalan menggunakan komputasi.

4.      Ekonomi

mempelajari titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi, meliputi agent-based computational modelling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modelling of dynamic macroeconomic systems dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.


5.      Geologi dan Geografi

Geologi dan Geografi, pada bidang ini dapat dilakukan pemanfaatan seperti pemodelan terhadap akses keadaan geografis suatu permukaan wilayah yang dapat dipantau jika terjadi pergerakan atau getaran. Selain itu dapat dilakukan pengiriman informasi mengenai prakiraan cuaca yang sangat berguna bagi segala hal terutama transportasi udara dan laut.


Sekian sedikit penjelasan dari saya tentang tugas "Perkembangan Komputasi Modern dan Implementasinya" mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.


Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2013/03/komputasi-modern.html
http://safemode.web.id/artikel/teknologi/perkembangan-komputasi-modern
http://anggamaulana20.wordpress.com/2014/03/09/perkembangan-teori-komputasi-modern

0 komentar:

Posting Komentar