16 April 2011

SIM

Definisi SIM

Sistem Informasi Manajemen (SIM) sebuah sistem manusia / mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan
informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi

Komponen Pembangun SIM
􀂄 Hardware
􀂄 Software
􀂄 Prosedur
􀂄 Model Manajemen & Pengambilan Keputusan
􀂄 Database


Hardware
Perangkat keras bagi suatu sistem informasi atas komputer.


Software
     Software Sistem
􀂅 Sistem operasi
􀂅 Penerjemah bahasa
􀂅 Program utility


      Software Aplikasi
􀂅 Software aplikasi pemrograman sendiri
􀂅 Software aplikasi paket jadi

     Prosedur / Pedoman
Prosedur merupakan komponen fisik krn prosedur disediakan dalam bentuk fisik seperti : buku panduan dan instruksi.
3 jenis prosedur yg dibutuhkan :
􀂄 instruksi untuk pemakai
􀂄 instruksi untuk penyiapan masukan
􀂄 instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer


Manajemen Informasi sebagai Sumber Daya yg dibutuhkan Perusahaan
􀂄 Kegiatan bisnis yg semakin kompleks
􀂅 Pengaruh ekonomi internasional
􀂅 Persaingan dunia
􀂅 Kompleksitas teknologi yg semakin meningkat
􀂅 Batas waktu yg singkat
􀂅 Kendala-kendala sosial
􀂄 Meningkatnya kemampuan kamputer sebagai alat bantu dalam perusahaan.


Subsistem dari SIM
1. Fungsi Organisasi
􀂄 Fungsi keuangan
􀂄 Fungsi SDM
􀂄 Fungsi Jasa Informasi
􀂄 Manufaktur
􀂄 Pemasaran


2. Aktifitas manajemen
􀂄 Perencanaan strategis perumusan sasaran & rencana strategis
􀂄 Pengendalian manajemen perumusan anggaran & alokasi sember daya
􀂄 Pengendalian operasional penjadualan aktifitas & laporan prestasi
􀂄 Pengolahan transaksi pengolahan pesanan, pengiriman, penerimaan


Evolusi Sistem Informasi Barbasis
Komputer
1. EDP / SIA
Electronic Data Processing / Sistem Informasi Akuntansi, melaksanakan aplikasi akuntansi, aplikasi ini ditandai dgn pengolahan data yg tinggi
􀂄 Mengumpulkan data yg menjelaskan tentang perusahaan
􀂄 Mengubah data tsb menjadi informasi
􀂄 Menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan


2. SIM (Sistem Informasi manajemen)
Integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional, manajemen & pengambilan keputusan dalam organisasi

3. SPK (Sistem Penunjang Keputusan)
sistem komputer yg interaktif yg membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan & memanfaatkan data
& model untuk memecahkan masalah yg tidak terstruktur


4. OA (Office Automation)
Semua sistem elektronik formal & informal terutama yg berkaitan dengan komunikasi informal ke dan dari
orang-orang di dalam maupun luar perusahaan

5. Sistem Pakar
Merupakan program komputer yg berfungsi seperti manusia yaitu memberi konsultansi kepada pemakai
mengenai cara pemecahan masalah

0 komentar:

Posting Komentar