Definisi SIM
Sistem Informasi Manajemen (SIM) sebuah sistem manusia / mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan
informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi
Komponen Pembangun SIM
Hardware
Software
Prosedur
Model Manajemen & Pengambilan Keputusan
Database
Hardware
Perangkat keras bagi suatu sistem informasi atas komputer.
Software
Software Sistem
Sistem operasi
Penerjemah bahasa
Program utility
Software Aplikasi
Software aplikasi pemrograman sendiri
Software aplikasi paket jadi
Prosedur / Pedoman
Prosedur merupakan komponen fisik krn prosedur disediakan dalam bentuk fisik seperti : buku panduan dan instruksi.
3 jenis prosedur yg dibutuhkan :
instruksi untuk pemakai
instruksi untuk penyiapan masukan
instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer
Manajemen Informasi sebagai Sumber Daya yg dibutuhkan Perusahaan
Kegiatan bisnis yg semakin kompleks
Pengaruh ekonomi internasional
Persaingan dunia
Kompleksitas teknologi yg semakin meningkat
Batas waktu yg singkat
Kendala-kendala sosial
Meningkatnya kemampuan kamputer sebagai alat bantu dalam perusahaan.
Subsistem dari SIM
1. Fungsi Organisasi
Fungsi keuangan
Fungsi SDM
Fungsi Jasa Informasi
Manufaktur
Pemasaran
2. Aktifitas manajemen
Perencanaan strategis perumusan sasaran & rencana strategis
Pengendalian manajemen perumusan anggaran & alokasi sember daya
Pengendalian operasional penjadualan aktifitas & laporan prestasi
Pengolahan transaksi pengolahan pesanan, pengiriman, penerimaan
Evolusi Sistem Informasi Barbasis
Komputer
1. EDP / SIA
Electronic Data Processing / Sistem Informasi Akuntansi, melaksanakan aplikasi akuntansi, aplikasi ini ditandai dgn pengolahan data yg tinggi
Mengumpulkan data yg menjelaskan tentang perusahaan
Mengubah data tsb menjadi informasi
Menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan
2. SIM (Sistem Informasi manajemen)
Integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional, manajemen & pengambilan keputusan dalam organisasi
3. SPK (Sistem Penunjang Keputusan)
sistem komputer yg interaktif yg membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan & memanfaatkan data
& model untuk memecahkan masalah yg tidak terstruktur
4. OA (Office Automation)
Semua sistem elektronik formal & informal terutama yg berkaitan dengan komunikasi informal ke dan dari
orang-orang di dalam maupun luar perusahaan
5. Sistem Pakar
Merupakan program komputer yg berfungsi seperti manusia yaitu memberi konsultansi kepada pemakai
mengenai cara pemecahan masalah
0 komentar:
Posting Komentar